Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Sejarah
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan prodi di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM).
Prodi ini resmi beroperasi pada bulan September 2013 berdasarkan izin operasional yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 389/E/O/2013 tanggal 13 September.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pertama kali bergabung pada Fakultas Sastra Universitas Islam Makassar pada 2013. Namun karena keinginan pimpinan untuk lebih mengoptimalkan ilmu keguruan dan pendidikan maka pimpinan universitas bersama dengan yayasan memisahkan dengan membentuk fakultas yang diberi nama Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UIM.
Melalui Surat Keputusan Yayasan Perguran Tinggi Al-Ghazali Makassar. Nomor: 083/YPT-AG/SKep/XII/2014 Tanggal 8 Desember 2014. Akhirnya pada tanggal tersebut Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Resmi dibawah naungan FKIP UIM.
Awal berdirinya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyatu dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dipimpin oleh ketua Prodi Abd. Hakim Naba, S.Pd, M.Pd.
Pada tahun 2017 pimpinan FKIP sepakat untuk memisahkan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.
Akhirnya pada tahun 2017 Supriadi, S.Pd.,M.Pd melanjutkan sisa periode sampai 2019. Pada Februari 2019 Supriadi kembali memimpin Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sampai sekarang.
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memperoleh akreditasi pertama pada Tanggal 31-Juli 2018 sesuai dengan SK BAN-PT No.2043/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 dengan predikat C dengan poin 337. Pada tahun 2018 berdasarkan sk 2043/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 kembali mendapatkan nilai akreditasi dengan nilai B.
Visi
“Terwujudnya pendidik profesional yang unggul dalam ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berasaskan nilai-nilai Aswaja pada 2027”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang unggul untuk menghasilkan sumber daya yang profesional berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnahwal Jamaah
- Melaksanakan penelitian yang unggul untuk meningkatkan kualitas dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Menyelenggarakan program kemahasiswaan yang unggul dan inovatif dalam peningkatan kualitas lulusan berasaskan Aswaja.
- Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan kerjasama kelembagaan secara internal dan eksternal.
Tujuan
- Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang professional dalam bidang ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang unggul berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnahwal Jamaah
- Menghasilkan penelitian yang unggul untuk meningkatkan kualitas dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.
- Menghasilkan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Menghasilkan program kemahasiswaan yang unggul dan inovatif dalam peningkatan kualitas lulusan berasaskan Aswaja.
- Menghasilkan kerjasama kelembagaan secara internal dan eksternal.
Profil Lulusan
Profil |
Deskripsi Profil |
Tenaga Pendidik
|
Tenaga pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia pada jenjang SMP/MTS, SMA/MA/SMK, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah an Nahdliah. |
Peneliti |
Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan kebahasaan dan kesastraan dalam pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan. |
Praktisi dan Konsultan Pendidikan |
Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan menengah dan atas dalam bidang pengelola pendidikan, Pembina ekstrakurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar. |
Jurnalis, Budayawan, Sastrwan, penulis, editor, penyunting. |
Para alumni jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dapat menjadi; jurnalis, budayawan, sastrawan, penulis, editor, dan penyunting pada dunia kerja berdasarkan karakter nilai-nilai Ah Lusunnah Wal Jamaah anNahdliah. |
Dosen Tetap
No |
Nama Dosen Tetap |
NIDN |
Tgl. Lahir |
Jab. Akademik |
Gelar |
Pendidikan dan Asal PT |
Bidang Keahlian |
1 |
SUPRIADI |
0911028204 |
11-02-1982 |
Lektor |
S.Pd
|
S-1. UNM Makassar |
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
M.Pd. |
S-2. UNM Makassar |
Pendidkan Bahasa |
|||||
2 |
Erniati Tahir |
0913088602 |
13-08-1986 |
Asisten Ahli |
S.Pd
|
S-1. UNISMUH
|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
M.Pd. |
S-2. UNM Makassar |
Pendidkan Bahasa |
|||||
3 |
H. ABU BAKAR TUMPU |
0915058805 |
15-05-1988 |
Asisten Ahli |
S.Pd
|
S-1. STKIP Yapti Jeneponto |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
M.Pd. |
S-2. UNM Makassar |
Pendidikan Bahasa |
|||||
4 |
JUMRIATI |
0916068901 |
16-06-1989 |
Asisten Ahli |
S.Pd
|
S-1. UNM Makassar
|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
M.Pd. |
S-2. UNM Makassar |
Pendidkan Bahasa |
|||||
5 |
HERAWATI ARIEF S |
0917116706 |
17-11–1967 |
Asisten Ahli |
S.S
|
S-1. UMI Makassar |
Bahasa dan Sastra Indonesia |
M.Hum. |
S-2. UNHAS Makassar |
Linguistik |
|||||
6. |
JAYANTI SAMPARA |
0920058603 |
20-05-1986 |
Asisten Ahli |
S.Pd
|
S-1. UNM Makassar |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
M.Hum. |
S-2. Unhas Makassar |
Linguistik |
Kurikulum
NO |
BAHAN KAJIAN MK |
KODE MK |
SKS |
KLP MK |
SEM |
||
1 |
Pendidikan Agama |
2UG0101 |
2 |
MPK |
I |
||
2 |
Pendidikan Pancasila |
2UG0102 |
2 |
MPK |
I |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
2UG0103 |
2 |
MPK |
I |
||
4 |
Bahasa Ingris |
2UG0105 |
2 |
MPK |
I |
||
5 |
Ilmu Alamiah Dasar |
2UG0106 |
2 |
MPK |
I |
||
6 |
Ko-Kurikuler |
1UG0112 |
1 |
MPK |
I |
||
7 |
Filsafat Pendidikan |
2FG0201 |
2 |
MKK |
I |
||
8 |
Linguistik Umum |
3GB0601 |
3 |
MKK |
I |
||
9 |
Fonologi Bahas Indonesia |
3GB0602 |
3 |
MKK |
I |
||
10 |
Pengantar Pendidikan |
2FG0204 |
2 |
MKK |
I |
||
11 |
Dasar Keterampilan Berbicara |
2GB0624 |
2 |
MKB |
I |
||
|
23 |
|
|||||
1 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2UG0104 |
2 |
MPK |
II |
||
2 |
Aswaja I |
1UG0108 |
1 |
MPK |
II |
||
3 |
Profesi Keguruan |
2FG0202 |
2 |
MKK |
II |
||
4 |
Morfologi Bahasa Indonesia |
2GB0603 |
2 |
MKK |
II |
||
5 |
Sosiolinguistik |
3GB0604 |
3 |
MKK |
II |
||
6 |
Teori Belajar Bahasa |
2GB0609 |
2 |
MKK |
II |
||
7 |
Sejarah dan Teori Sastra |
3GB0610 |
3 |
MKK |
II |
||
8 |
Dasar Keterampilan Membaca |
2GB0616 |
2 |
MKB |
II |
||
9 |
Dasar Keterampilan Menulis |
2GB0619 |
2 |
MKB |
II |
||
10 |
Dasar Keterampilan Menyimak |
2GB0627 |
2 |
MKB |
II |
||
|
21 |
|
|||||
|
|
||||||
1 |
Aswaja II |
1UG0109 |
1 |
MPK |
III |
||
2 |
Belajar dan Pembelajaran |
3FG0203 |
3 |
MKK |
III |
||
3 |
Sintaksis Bahasa Indonesia |
3GB0605 |
3 |
MKK |
III |
||
4 |
Kurikulum dan Pembelajaran BSI |
2GB0635 |
2 |
MKB |
III |
||
5 |
Psikolinguistk |
2GB0606 |
2 |
MKK |
III |
||
6 |
Kritik Sastra |
2GB0613 |
2 |
MKK |
III |
||
7 |
Membaca Teks Ilmiah |
2GB0617 |
2 |
MKB |
III |
||
8 |
Menyimak Komprehensif dan Kritis |
3GB0628 |
3 |
MKB |
III |
||
9 |
Wicara Publik |
3GB0625 |
3 |
MKB |
III |
||
|
|
|
21 |
|
|
||
|
NO |
BAHAN KAJIAN MK |
KODE MK |
SKS |
KLP MK |
SEM |
|
|
|
|
||||
1 |
Aswaja III |
1UG0110 |
1 |
MPK |
IV |
|
2 |
Semantik Bahasa Indonesia |
3GB0607 |
3 |
MKK |
IV |
|
3 |
Wacana Bahasa Indonesia |
3GB0608 |
3 |
MKK |
IV |
|
4 |
Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi |
3GB0611 |
3 |
MKK |
IV |
|
5 |
Membaca Teks Nonilmiah/ Membaca Inovatif |
3GB0618 |
3 |
MKB |
IV |
|
6 |
Pragmatik |
2GB0630 |
2 |
MKB |
IV |
|
7 |
Berbicara retorik |
3GB0626 |
3 |
MKB |
IV |
|
8 |
Strategi Pembelajaran BSI |
2GB0636 |
2 |
MKB |
IV |
|
9 |
Menulis Kritik dan Esai |
3GB0620 |
3 |
MKB |
IV |
|
23 |
|
|||||
|
|
|||||
1 |
Pendidikan Alquran |
1UG0107 |
1 |
MPK |
I |
|
2 |
Teori dan Apresiasi Puisi |
3GB0614 |
3 |
MKK |
V |
|
3 |
Menulis Naskah Drama |
3GB0621 |
3 |
MKB |
V |
|
4 |
Analisis Kesalahan Berbahasa |
3GB0629 |
3 |
MKB |
V |
|
5 |
Dasar-Dasar Penelitian dan Analisis Data |
2GB0632 |
2 |
MKB |
V |
|
6 |
Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia |
2GB0633 |
2 |
MKB |
V |
|
7 |
Metode dan Media Pembelajaran BSI |
3GB0637 |
3 |
MKB |
V |
|
8 |
Perencenaan Pembelajaran BSI |
3GB0638 |
3 |
MKB |
V |
|
20 |
|
|||||
|
|
|||||
1 |
Teori dan Apresiasi Drama |
3GB0612 |
3 |
MKK |
VI |
|
2 |
Penelitian Pendidikan Sastra Indonesia |
2GB0634 |
2 |
MKB |
VI |
|
3 |
Sastra Anak |
2GB0615 |
2 |
MKK |
VI |
|
4 |
Evaluasi Pengajaran BSID |
3GB0639 |
3 |
MKB |
VI |
|
5 |
Studi Intelegensi Alquran |
2UG0111 |
2 |
MPK |
VI |
|
6 |
Metodologi Penelitian Pend. BSID |
3GB0631 |
3 |
MKB |
VI |
|
7 |
Menulis Puisi dan Prosa |
3GB0622 |
3 |
MKB |
VI |
|
|
|
|
18 |
|
|
|
7 |
Pengantar Jurnalistik |
2GB1601 |
2 |
MKB |
VI |
|
8 |
Peliputan dan penulisan berita |
2GB1602 |
2 |
MKB |
VI |
|
7 |
Penulisan Kreatif Sastra |
2GB2601 |
2 |
MKB |
VI |
|
8 |
Alih Wahana Sastra |
2GB2602 |
2 |
MKB |
VI |
|
22 |
|
NO |
BAHAN KAJIAN MK |
KODE MK |
SKS |
KLP MK |
SEM |
|
|
|
|
||||
1 |
Kewirausahaan |
2UG0113 |
2 |
MPK |
VII |
|
2 |
Seminar Proposal |
2UG0114 |
1 |
MKB |
VII |
|
3 |
Menulis Laporan Penelitian dan Artikel |
2GB0623 |
2 |
MKB |
VII |
|
4 |
Kajian Penelitian PBSI |
2GB0640 |
2 |
MKB |
VII |
|
5 |
Magang Pendidikan |
3FG0205 |
3 |
MKBB |
VII |
|
6 |
Magang Jurnalistik |
3GB1603 |
3 |
MKB |
VII |
|
7 |
Fotografi dan Perwajahan |
2GB1604 |
2 |
MKB |
VII |
|
6 |
Pementasa Drama |
3GB2603 |
0 |
MKB |
VII |
|
7 |
Tata Artistik Pementasan |
2GB2604 |
0 |
MKB |
VII |
|
15 |
||||||
|
|
|
||||
1 |
Skripsi |
4UG0115 |
4 |
MKPB |
VIII |
|
2 |
KKN |
4UG0116 |
4 |
MKBB |
VIII |
|
8 |
Keterangan:
1. Mata kuliah Pengembangan Kepribadian MPK |
2. Mata Kuliah Keilmuaan dan Keterampilan MKK |
3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya MKB |
4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya MKPB |
5. Mata Kuliah Berkehidupan Masyarakat MKBB |