Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tahun 2013 merupakan tahun yang sangat bersejarah bagi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) karena pada tahun itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan izin Oprasional nomor: 389/E/O/2013 tentang Pembentukan Program Studi PGSD FKIP Universitas Islam Makassar. Izin Operasional dari Dikti tersebut menjadi awal beroperasinya Program Studi PGSD FKIP UIM. Hal tersebut ditandai oleh mulainya rogram studi PGSD menerima mahasiswa baru pada tahun 2013.
Saat Izin Operasional dari Dikti tersebut terbit PS PGSD masih di bawah naungan fakultas sastra UIM. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama karena melihat perkembangan dan kebutuhan stageholder maka pihak pimpinan fakultas, universitas, dan yayasan menyepakati pembentukan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Kesepakatan tersebut direalisasikan melalui surat keputusan yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali Makassar nomor: 083/YPT-AG/SKep/XII/2014 pada tanggal 08 Desember 2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) yang dipimpin oleh bapak Dr. H. M. Arfah Shiddiq, M.A menaungi empat prodi, diantaranya: 1) PS PGSD, 2) PS PG-PAUD, 3) PS Pendidikan Bahasa Inggris, dan 4) PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Demi kelancaran pelayanan administrasi dan perkembangan PS PGSD, maka melalui prosedur yang berlaku pimpinan FKIP mengusulkan pengangkatan ibu Dr. Hj. Herlina, M.Pd sebagai ketua prodi PGSD dan PG PAUD. Usulan pimpinan FKIP tersebut direspon cepat oleh pihak universitas dan yayasan dengan langsung mengangkat beliau menjadi ketua program studi PGSD.
Dua tahun beroperasinya PGSD FKIP UIM menunjukkan perkembangan yang sangat pesat yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa di PS PGSD dan begitupula dengan program studi lain. Oleh karena itu, Dekan FKIP membutuhkan wakil dekan tiga sebagai pejabat yang bertugas bidang kemahasiswaan. Pada tahun 2015 ibu Dr. Hj. Herlina, M.Pd diangkat menjadi wakil dekan tiga, sedangkan yang menggantikan beliau sebagai ketua prodi PGSD dan PG-PAUD adalah bapak Nasaruddin. R, S.Pd., M.Pd.
Pada tahun 2017 PS PGSD kembali mendapat ketua prodi baru yakni bapak Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd dan beliau mengantar PS PGSD akreditasi pertama kali semenjak PS PGSD berdiri. Hasil dari visitasi tersebut PS PGSD berhasil memperoleh predikat terakreditasi berdasarkan SK BAN PT Nomor: 0240/SK/BAN-PT/Akred/S/1/2017 yang ditetapkan tanggal 10 Januari 2017 yang berlaku sampai tahun 2022. Selanjutnya, pada tanggal 11 Maret 2019 PS PGSD kembali mendapat ketua prodi baru yakni bapak Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd.
Pada tahun 2020 dibawah kempemimpinan Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd. Program Studi PGSD FKIP UIM meraih Akreditasi B dengan nilai 345 dari Badan Akreditasi Nasinal Perguruan Tinggi (BAN PT) berdasarkan SK Nomor : 7163/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 tanggal 10 November 2020.
VISI |
“Pada tahun 2028 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar menjadi pusat kajian dan pengembangan pendidikan Ke-SD-an yang unggul, berkarakter, profesional, dan islami di Kawasan Timur Indonesia berbasis IPTEKS berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnah wal Jamaah An Nahdiyah”
MISI |
- Melaksanakan dan meningkatkan kualitas pendidikan tenaga pendidik Sekolah Dasar yang relevan dengan tuntutan perkembangan peserta didik, kemajuan pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnah wal Jamaah An Nahdiyah.
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian pada bidang ke-SD-an untuk meningkatkan kualitas riset sesuai tuntutan perkembangan peserta didik, IPTEKS dan kearifan lokal berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnah wal Jamaah An Nahdiyah.
- Melaksanakan dan meningkatkan kualitas pengabdian terhadap masyarakat sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan kependidikan dan keterampilan ke-SD-an yang dimiliki dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat lokal yang berwawasan global berdasarkan nilai Ahlusunnah wal Jamaah An Nahdiyah.
- Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai instansi dan institusi.
TUJUAN |
- Mendorong mahasiswa untuk selalu proaktif dalam kegiatan akademik dengan mengembangkan sikap dan pemikiran yang kritis, kreatif, dan realistik yang berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An Nahdiyah dan berbasis kearifan lokal serta berwawasan global
- Menghasilkan tenaga pendidik Sekolah Dasar yang berkualitas sesaui perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang ke-SD-an, serta memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An Nahdiyah.
- Menghasilkan pemikir dan peneliti, baik secara ilmiah maupun populer dalam bidang ke-SD-an untuk mengabdi pada masyarakat dan berperan serta dalam pembangunan bangsaberdasarkan nilai Ahlusunnah wal Jamaah An Nahdiyah.
- Menghasilkan pengabdian dan keterampilan khususnya di bidang ke-SD-an kepada masyarakat serta memiliki kemampuan wirausaha dan berjiwa pemimpin, berbudi luhur dan mempunyai kesadaran tanggung jawab, secara Islami berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An Nahdiyah.
- Terwujudnya kegiatan kerjasama dengan berbagai instansi dan institusi.
- Menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkankan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An Nahdiyah.
PROFIL LULUSAN |
Profil |
Deskripsi Profil |
Tenaga Pendidik
|
Tenaga pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkankan berbasis IPTEKS nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An Nahdiyah |
Peneliti |
Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasa berbasis IPTEKS berdasarkankan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An Nahdiyah |
Praktisi dan Konsultan Pendidikan |
Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar berbasis IPTEKS berdasarkankan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An Nahdiyah |
DOSEN TETAP PRODI |
No. |
Nama Dosen Tetap |
NIDN |
Tgl. Lahir |
Jab. Akademik |
Gelar Akademik |
Pendidikan dan PT Asal |
Bidang Keahlian |
1 |
Anzar. A |
08066502 |
08/06/1965 |
Lektor Kepala |
Drs |
S.1. IKIP Ujung Pandang |
S.1. Pend. Sejarah |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan Sejarah |
|||||
Dr |
S.3. UIN Alauddin Makassar |
S.3. Pendidikan dan Keguruan |
|||||
2 |
Mulyadi |
0904117302 |
04/11/1973 |
Lektor |
S. Ag |
S.1. Univ. Muslim Indonesia |
S.1. Ushuluddin |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Manajemen Pendidikan |
|||||
Dr |
S.3. Univ. Negeri Makassar |
S.3. Manajemen Pendidikan |
|||||
3 |
Muh. Fihris Khalik |
0923077206 |
23/07/1972 |
Lektor |
S. S |
S.1. Univ. Muslim Indonesia |
S.1. Pendidikan Bahasa Arab |
M. A |
S.2. Univ. Islam Syarif Hidayatullah Jakarta |
S.2. Pendidikan Bahasa Arab |
|||||
Ph. D |
S.3. Univ. Kebangsaan Malaysia |
S.3. Bahasa dan Sastra Arab |
|||||
4 |
Sri Hastati |
0918027701 |
18/02/1977 |
Asisten Ahli |
S. E |
S.1. Univ. Hasanuddin |
S.1. Akutansi |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Yogyakarta |
S.2. Pendidikan Dasar |
|||||
5 |
Wahyullah Alannasir |
0906108103 |
06/10/1991 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. Univ. Negeri Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan Dasar |
|||||
6 |
Musbaing |
0917068205 |
17/06/1982 |
Asisten Ahli |
S. Pd. I |
S.1. Univ. Islam Makassar |
S.1. Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
M. Pd. I |
S.2. Univ. Islam Makassar |
S.2. Manajemen Pendidikan Islam |
|||||
7 |
Ince Prabu Setiawan Bakar |
0907068502 |
07/06/1985 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. Univ. Negeri Makassar |
S.1. Administrasi/Manajemen Pendidikan |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Administrasi/Manajemen Pendidikan |
|||||
8 |
Nurhayati Selvi |
0928048802 |
28/04/1988 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. Univ. Negeri Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan Dasar |
|||||
9 |
Erwin Nurdiansyah |
0919118803 |
19/11/1988 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. UNISMUH Makassar |
S.1. Pendidikan Matematika |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan Matematika |
|||||
10 |
Abrina Maulidnawati Jumrah |
0905108902 |
05/10/1989 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. UNISMUH Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan IPS KeSD-an |
|||||
11 |
Ira Irviana |
0918029005 |
18/02/1990 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. UNISMUH Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan Dasar |
|||||
12 |
Nur Syam |
0907119001 |
07/11/1990 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. Univ. Negeri Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Teknologi Pendidikan |
|||||
13 |
Nur Afni |
0902029101 |
02/02/1991 |
Lektor |
S. Pd |
S.1. Univ. Negeri Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan IPS Ke-SD-an |
|||||
14 |
Syarifa Nur Fajrin |
0913129101 |
13/12/1991 |
Asisten Ahli |
S. Pd |
S.1. Univ. Negeri Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan IPS ke SD-an |
|||||
15 |
Hardiyanti |
0901089201 |
01/08/1992 |
Asisten Ahli |
S. Ag |
S.1. Univ. Islam Negeri Alauddin |
S.1. Pendidikan Agama Islam |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
|||||
16 |
Wulanmayangsari |
0917039001 |
17/03/1990 |
Asisten Ahli |
S. Pd. I |
S.1. Univ. Negeri Makassar |
S.1. Pend. Guru Sekolah Dasar |
M. Pd |
S.2. Univ. Negeri Makassar |
S.2. Pendidikan Dasar |
KURUKULUM |
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SEM |
SKS/SEM |
1 |
2UG0101 |
Pendidilkan Agama I |
2 |
I |
2 |
2 |
2UG0102 |
Pend. Pancasila |
2 |
I |
2 |
3 |
1UG0112 |
Pagar Nusa (Ko Kur I) |
1 |
I |
1 |
4 |
2UG0103 |
Bhs. Indonesia |
2 |
I |
2 |
5 |
2UG0105 |
Bhs. Inggris |
2 |
I |
2 |
6 |
2UG0106 |
Ilmu Alamiah Dasar |
2 |
I |
2 |
7 |
2FG0204 |
Pengantar Pendidikan |
2 |
I |
2 |
8 |
2FG0201 |
Filsafat Ilmu |
2 |
I |
2 |
9 |
3GS0301 |
Perkembangan Peserta Didik |
3 |
I |
3 |
10 |
2GS0342 |
TeknologiInformasi&Komunikasi Pembelajaran |
2 |
I |
2 |
11 |
2GS0302 |
Muatan Lokal |
2 |
I |
2 |
12 |
2UG0107 |
Pendidikan Alqur’an |
2 |
II |
2 |
13 |
2UG0104 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
II |
2 |
14 |
2FG0202 |
Profesi Keguruan |
2 |
II |
2 |
15 |
2GS0303 |
Strategi Pembelajaran |
2 |
II |
2 |
16 |
3GS0304 |
Pengantar Dasar Matematika |
3 |
II |
3 |
17 |
3GS0305 |
Konsep Dasar IPS |
3 |
II |
3 |
18 |
3GS0306 |
Konsep Dasar IPA |
3 |
II |
3 |
19 |
3GS0307 |
Keterampilan Berbahasa Indonesia |
3 |
II |
3 |
20 |
2GS0308 |
Pendidikan Olaraga, Kesehatan dan Rekreasi |
2 |
II |
2 |
21 |
2GS0309 |
Media Pembelajaran |
2 |
II |
3 |
22 |
1UG0108 |
Aswaja I |
1 |
III |
1 |
23 |
3FG0203 |
Belajar dan Pembelajaran |
3 |
III |
3 |
24 |
2GS0310 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
III |
2 |
25 |
2GS0311 |
Bimbingan Konseling |
2 |
III |
2 |
26 |
2GS0312 |
Teori dan Apresi Sastra SD |
2 |
III |
2 |
27 |
2GS0313 |
Seni Tari dan Musik |
2 |
III |
3 |
28 |
2GS0314 |
Permainan Olahraga Tradisional |
2 |
III |
2 |
29 |
3GS0315 |
Pend. Matematika I (Bil & Logika Matematika) |
3 |
III |
3 |
30 |
3GS0316 |
Pendidikan IPS SD I |
3 |
III |
3 |
31 |
2GS0317 |
Konsep Dasar PPKn |
2 |
III |
2 |
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SEM |
SKS/SEM |
32 |
1UG0109 |
Aswaja ll |
1 |
IV |
1 |
33 |
2GS0318 |
Pend. Inkulisi & Berkebutuhan Khusus di SD |
2 |
IV |
2 |
34 |
3GS0319 |
Konsep Dasar IPA 2 |
3 |
IV |
3 |
35 |
2GS0320 |
Seni Rupa dan Kerajinan |
2 |
IV |
2 |
36 |
2GS0321 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
IV |
2 |
37 |
3GS0322 |
Pend. Matematika II (Geometri & Pengkuran) |
3 |
IV |
3 |
38 |
2GS0323 |
Komunikasi Pendidikan |
2 |
IV |
3 |
39 |
3GS0324 |
Pendidikan Bahasa Indonesia I |
3 |
IV |
3 |
40 |
2GS0325 |
Bahasa Arab |
2 |
IV |
2 |
41 |
2GS0326 |
Pend. Kesehatan & Gizi |
2 |
IV |
2 |
42 |
1UG0110 |
Aswaja III |
1 |
V |
1 |
43 |
3GS0327 |
Pengembangan & Evaluasi Kurikulum di SD |
3 |
V |
3 |
44 |
2GS0328 |
Sosiologi Pendidikan |
2 |
V |
2 |
45 |
2GS0329 |
Evaluasi Pembelajaran |
2 |
V |
2 |
46 |
2GS0330 |
Perspektif Global |
2 |
V |
2 |
47 |
3GS0331 |
Karya Tulis Ilmiah |
3 |
V |
3 |
48 |
3GS0332 |
Pend. Matematika III (peluang & Pengolahan Data) |
3 |
V |
3 |
49 |
3GS0333 |
Pendidikan IPA SD |
3 |
V |
3 |
50 |
3GS0334 |
Pendidikan Bahasa Indonesia II |
3 |
V |
3 |
51 |
2GS0335 |
Kepramukaan /Kokurikuler |
2 |
V |
2 |
52 |
2UG01111 |
Studi Integrasi Alqur’an |
2 |
VI |
2 |
53 |
2GS0336 |
Statistik |
2 |
VI |
2 |
54 |
3GS0337 |
Metodologi Penelitian |
3 |
VI |
3 |
55 |
2GS0338 |
Keterampilan Dasar Mengajar (Microteaching) |
2 |
VI |
2 |
56 |
2GS0339 |
Pembelajaran Tematik |
2 |
VI |
2 |
57 |
2GS0340 |
Pendidikan Karakter |
2 |
VI |
2 |
58 |
2GS0341 |
Administras dan Manajemen Kelas |
2 |
VI |
2 |
59 |
2GS1301 |
Pembelajaran Kelas Rangkap* |
2 |
VI |
6 |
60 |
2GS1302 |
Pengembangan Multimedia Pembelajaran di SD* |
2 |
VI |
|
61 |
2GS1303 |
Pendidikan IPA Lanjutan* |
2 |
VI |
|
62 |
2GS1304 |
Pendidikan IPS Lanjutan* |
2 |
VI |
|
63 |
2GS1305 |
Matematika Sekolah Lanjutan* |
2 |
VI |
|
64 |
2GS1306 |
Pendidikan Bhs. Indonesia Lanjutan* |
2 |
VI |
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SEM |
SKS/SEM |
65 |
IUG01114 |
Seminar Proposal |
1 |
VII |
1 |
66 |
2UG0113 |
Kewirausahaan |
2 |
VII |
2 |
67 |
3FG0205 |
Magang Pendidikan |
3 |
VII |
3 |
68 |
2GS2301 |
Demokrasi dan HAM** |
2 |
VII |
6 |
69 |
2GS2302 |
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus** |
2 |
VII |
|
70 |
2GS2303 |
Pengelolaan Perpustakaan di SD** |
2 |
VII |
|
71 |
2GS2304 |
Kurikulum Issu** |
2 |
VII |
|
72 |
2GS2305 |
Jurnalistik** |
2 |
VII |
|
73 |
2GS2306 |
Unit Kegiatan Sekolah** |
2 |
VII |
|
74 |
4UG0115 |
KKN |
4 |
VIII |
4 |
75 |
4UG0116 |
Skripsi |
4 |
VIII |
4 |
JUMLAH |
169 |
|
157 |
Struktur kurikulum tersebut terdiri atas:
- a) Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) = 22 SKS,
- b) Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) = 26 SKS,
- c) Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB) = 39 SKS,
- d) Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) =10 SKS,
- e) Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB) = 60 SKS.
Berdasarkan hal tersebut, maka jumlah SKS yang harus ditempuh untuk PS PGSD sebanyak 157 SKS yang didalamnya terdapat 12 SKS mata kuliah pilihan. dimana paket yang disajikan sebanyak dua paket dengan total SKS 24 SKS.
PRESTASI MAHASISWA |
No. |
Nama Kegiatan |
Tingkat |
Prestasi |
1 |
Pameran kerajinan tangan |
Lokal |
Juara 1 |
2 |
Lomba Seni Tari |
Lokal |
Juara 1 |
3 |
Lomba Seni Musik |
Lokal |
Juara 1 |
4 |
Lomba Tari Pekan Seni MahasiswaIndonesia Tingkat Daerah(Peksimida) (10-17 Oktober 2016) |
Regional |
Juara 1 |
5 |
Penulisan Cerpen Pekan Seni Mahasiswa Mahasiswa TingkaDaerah (Peksimida) se-SulawesiSelatan 10-17 Oktober 2016) |
Regional |
Juara I |
6 |
Lomba Gerak Jalan Santai Dalam Rangka Ultah UIM (23-28 Mei 2015) |
Lokal |
Juara III |
7 |
Lomba Tulis Esai Maulid Nabi Muhammad Saw (4-10 Januari 2018) |
Lokal |
Juara III |
8 |
Lomba Voli Putra 50 Tahun Universitas Islam Makassar (16-19 Mei 2016) |
Lokal |
Juara II |
9 |
Paduan Suara Putra 50 Tahun Universitas Islam Makassar (16-19 Mei 2016) |
Lokal |
Juara Harapan I |
10 |
Harapan 1 dalam rangka 50 Tahun Universitas Islam Makassar (16-19 Mei 2016) |
Lokal |
Juara Harapan I |