Sejarah

Program Studi  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) adalah Program Studi  yang berada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Prodi PG-PAUD resmi beroperasi berdasarkan izin Operasional yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 389/E/O/2013.

Prodi PG-PAUD pertama kali bergabung dengan Fakultas Sastra UIM 2013, namun karena keinginan pimpinan untuk lebih mengoptimalkan ilmu keguruan dan pendidikan maka pimpinan Universitas dan yayasan memisahkan dengan membentuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM (FKIP UIM) Melalui surat keputusan yayasan Perguruan Tinggi Al Gazali Makassar nomor: 083/YPT  AG/SKep/XII/2014 Tanggal 8 Desember 2014.

Akhirnya pada tanggal 8 Desember 2014 resmi berada dalam naungan FKIP UIM.  Ketua Prodi PG-PAUD  dibawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini dijabat oleh Dr. Hj. Herlina, M.Pd. pada tahun 2014. Pada tahun 2016 kembali diadakan rotasi oleh Pimpinan Fakultas dan Dr. Hj. Herlina , M.Pd diberi amanah  sebagai Wakil dekan III bidang kemahasiswaan dan Sebagai Ketua Prodi PG-PAUD diamanahkan kepada Nasaruddin , S.Pd.,M.Pd. sampai saat ini. Prodi PG-PAUD sangat mendukung aktifitas kemahasiswaan serta Kegiatan Tri Darma Pergurua Tinggi. Kegiatan Tenaga Pengajar dalam rangka pemenuhan dan peningkatan SDM Tenaga Pengajar di lingkup program studi. Peningkatan SDM untuk lanjut studi program baik di wilayah dalam negeri maupun luar negeri.

Program Studi PG-PAUD FKIP UIM saat ini telah memperoleh akreditasi B. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 2402/SK/BAN-PT/Akred/ S/VII/2019  tertanggal 16 Juli 2019. Akreditasi tersebut berlaku selama lima tahun (2024).

Visi

“Terwujudnya  Program  Studi  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang terkemuka, unggul, profesional, dan berkarakter Islam Ahlusunna Wal Jamaah Annahdliyah pada tahun 2029 di Indonesia Timur”

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkarakter Islam Ahlusunnah Waljamaah Annahdiyah.
  • Melaksanakan dan meningkatkan penelitian secara berkualitas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan stakeholders.
  • Melaksanakan dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara unggul sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  • Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama internal dan eksternal dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan pada ilmu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkarakter Islam Ahlusunnah Wal Jamaah Annahdiyah sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  • Menghasilkan penelitian secara berkualitas dalam  bidang  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan stakeholder.
  • Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara unggul sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  • Menghasilkan kerjasama internal  dan  eksternal  dalam  menunjang pengembangan ilmu Pendidikan Anak Usia  Dini

Prospek Luluasan

Profil

Deskripsi Profil

Tenaga Pendidik

 

Mampu menjadi tenaga pendidik yang kreatif, inovatif, yang mmendidik dengan penguasaan materi PAUD yang baik, memiiki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk megikuti perkembangan PAUD dan pembelajarannya, sehingga menjadi pendidik yang professional dan mampu mengembankna keprofesionalannya secara berkelanjutan.

Edupreuner PAUD

1.      Pengembang alat penunjang pembelajaran bagi anak usia dini (seperti Alat Permainan Edukatif (APE), Media Pembelajaran, Gerak Tari, Musik dan Teknologi Informasi).

2.     Pengembang instrumen deteksi tumbuh kembang anak usia dini.

3.    Penyedia jasa layanan peningkatan mutu Guru/pendidik anak usia dini serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan usaha di bidang anak usia dini.

Peneliti

Mampu Berperan Aktif untuk mengembangkan keilmuan dan praktik pembelajaran PAUD melalui penelitian serta mampu menemukan dan menganalisis topic permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini, menguasai prinsip prinsip metode penelitian, menerapkan prinsip tersebut dalam penelitian sefrta melaporkan dan mempublikasikan peneitian .

Pengelola PAUD

Pengelola PAUD yang memiliki kompetensi yang mendukung dalam menyelenggarakan, mengelola, dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini (Taman Kanak-Kanak, RA, Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak/Day Care, dan satuan PAUD sejenis).

Psikolog Anak

1.      Mampu   merancang   program PAUD  dan   menjadi   penyelenggara program AUD  yang   bertujuan untuk   mengatasi   permasalahan psikologi  AUD yang  dialami  komunitas  melalui  kerjasama  dengan pihak-pihak lainnya yang terkait dengan tujuan komunitas.

2.     Praktisi dalam   bidang   Psikologi  AUD Komunitas   yang   mampu merancang sarana multimedia melalui pemanfaatan teknologi  informasi  dan  komunikasi  sebagai  sarana  utama dan/atau   pendukung   program   kesehatan   dan   kesehatan mental komunitas.

 

Dosen Tetap 

NO

NAMA

NIDN/NIDK

TGL LAHIR

JAB.

GELAR

PT ASAL

BIDANG KEAHLIAN

               

1

Hasbi Lambe

8813570018

31/12/1961

Lektor

S.Pd

Unismuh Makassar

Pend. Bahasa Indonesia

M.Pd.

Univ. Negeri Makassar

Manajemen Pend.

Dr

Univ. Negeri Makassar

Ilmu Pend.

 

2

Endang Ruswiyani

0910075701

10/07/1957

Lektor

Drs

S.1 Univ. Nusantara Bandung

Pend.  Bahasa Inggris

M.P.d

S.2 UNM Makassar

Pend. Anak Usia dini

 

3

Nasaruddin

0918088604

18/08/1986

Asisten Ahli

S.Pd.

Univ. Negeri Makassar

Pend. Bahasa Jerman

M.Pd.

S.2 Univ. Negeri Makassar

Pend. Anak Usia dini

 

 

4

Abd Hakim Naba

0915057906

15/05/1979

Asisten Ahli

S.Pd.

Univ. Negeri Makassar

Pend. Bahasa Jerman

M.Pd.

S.2 Univ. Negeri Makassar

Pend. Anak Usia dini

 

5

Ashar

0915088304

15/08/1983

Asisten Ahli

S.Pd.

Univ. Negeri Makassar

Pend. Teknik Otomotif

M.Pd.

S.2 Univ. Negeri Mks

Pend. Anak Usia dini

 

 

6

Sadaruddin

0915068002

15/06/1980

Asisten Ahli

S.Pd.

S.1 Univ. Negeri Makassar

Pend. Teknik Otomotif

M.Pd.

S.2 Univ. Negeri Makassar

Pend. Anak Usia dini

 

7

A. Resky Nurdihayah

0904048701

04/04/1987

Asisten Ahli

S.Pd.

S.1 Univ. Negeri Makassar

Pend. Kimia

M.Pd.

S.2 Univ. Negeri Makassar

Pend. Anak Usia dini

 

 

8

Riskal Fitri

0929128903

29/12/1989

Asisten Ahli

S.Pd.

S.1 Unismuh Makassar

Pend. Guru Sekolah Dasar

M.Pd.

S.2 Univ. Negeri Makassar

Pend. Anak Usia dini

9

Triani Arfah

0911018406

11/01/1984

Asisten Ahli

S.Psi

S.1 Univ. Padjajaran

Psikologi

M.PSi

S.2 Univ. Padjajaran

Psikologi

10

Andi Besse Marda

99092612

26/02/1944

Tenaga Pengajar

Dra

S.1 IKIP Ujung Pandang

Pend. Anak Usia DIni

M.Pd.

S2. Univ. Negeri  Makassar

Pend. Anak Usia Dini

 

Kurikulum

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

SMS

1

2UG0101

Pendidikan Agama Islam

2

I

2

2UG0102

Pendidikan Pancasila

2

I

3

2UG0103

Bahasa Indonesia

2

I

4

2UG0105

Bahasa Ingris

2

I

5

2UG0106

Ilmu Alamiah Dasar

2

I

6

1UG0112

Ko-Kurikuler

1

I

7

2FG0201

Filsafat Pendidikan

2

I

8

2FG0204

Pengantar Pendidikan

2

I

9

2GP0401

Konsep Dasar AUD

3

I

10

3GP0402

Pendidikan dan Pengasuhan Anak

3

I

11

3GP0403

Bermain dan Permainan

3

I

 

 

 

24

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

2UG0104

Pendidikan Kewarganegaraan

2

II

2

1UG0107

Pendidikan Al Quran

1

II

3

2FG0202

Komunikasi Pendidikan

2

II

4

2GP0404

Pertumbuhan & Perkembangan UD

2

II

5

3GP0405

Teknologi Informasi & Komunikasi

3

II

6

2GP0406

Pendidikan & Kesehatan Gizi

2

II

7

2GP0407

Pembelajaran Seni Musik

2

II

8

2FG0406

Profesi Keguruan

2

II

9

2GP0415

Wawasan Kebangsaan

2

II

10

2FG1201

Bahasa Arab

2

II

11

2GP0413

Strategi Pembelajaran AUD

2

II

 

 

JUMLAH

22

 

 

 

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

SMS

1

3FG0203

Belajar dan Pembelajaran

3

III

2

2FG1202

Sosiologi Pendidikan

2

III

3

2GP0408

Pengembangan Perangkat pembelajaran

3

III

4

3GP0409

Media Pembelajaran AUD

3

III

5

2GP0410

Perkembangan Kognitif

2

III

6

3GP0411

Pembelajaran Sains AUD

3

III

7

3GP0412

Pembelajaran Sosio Emosional AUD

3

III

8

2GP0414

Magang I

2

III

9

1UG0108

Aswaja I

1

III

10

3FG0203

Psikologi Perkembangan AUD

2

III

 

 

Jumlah

23

 

 

1

2GP0423

Pengembangan APE

3

IV

2

2GP0424

Pembelajaran Seni Gerak & Lagu

2

IV

3

1UG0110

Aswaja III

1

IV

4

3GP0428

Assesmen AUD

3

IV

5

3GP0429

Supervisi & Evaluasi PAUD

3

IV

6

3GP0430

Problematika PAUD

3

IV

7

3GP0434

Metodologi Penelitian

3

IV

8

3GP0432

Mendongeng/Storytelling

3

IV

9

2GP0444

Bahasa Inggris untuk AUD

2

IV

 

 

JUMLAH

24

 

 

 

 

 

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

SMS

1

2GP0423

Pengembangan  APE

3

V

2

2GP0424

Pembelajaran Seni Gerak & Lagu

2

V

3

1UG0110

Aswaja III

1

V

4

3GP0428

Assesmen AUD

3

V

5

3GP0429

Supervisi & Evaluasi PAUD

3

V

6

3GP0430

Problematika PAUD

3

V

7

3GP0434

Metodologi Penelitian

3

V

8

3GP0432

Mendongeng/Storytelling

3

V

9

2GP0444

Bahasa Inggris untuk AUD

2

V

 

 

JUMLAH

23

 

 

1

3GP0442

Analisis dan Perancangan Fasilitas AUD

3

VI

2

2UG0111

Studi Integrasi Ilmu Alquran

2

VI

3

3GP0431

Pengembangan Media Berbasis IT

3

VI

4

2GP0433

Perkembangan Karier AUD

2

VI

5

3GP0436

Karya Tulis Ilmiah (KTI)

3

VI

6

3GP0438

Kreativitas AUD

3

VI

7

3GP0443

Kegiatan Belajar Mengajar

3

VI

8

2GP1401

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (P1) 2                       

2

VI

9

2GP2401

Pelibatan Orang Tua Dalam PAUD(P2) 2

2

VI

10

3GP1402

Tumbuh Kembang AUD (P1) 3                                                

3

VI

11

3GP2402

Penyelenggaraan Program Lembaga PAUD (P2) 3

3

VI

 

 

JUMLAH

24

 

 

 

 

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

SMT

1

3FG0205

Magang Pendidikan

3

VII

2

2UG0113

Kewirausahaan

2

VII

3

2UG0114

Seminar Proposal

1

VII

4

2GP1403

Pendidikan Inklusi (P1)

2

VII

5

2GP1404

Kebijakan PAUD (P1)

 

VII

6

2GP2403

Pembelajaran luar Sekolah (P2)

2

VII

7

2GP2403

Manajemen Lembaga PAUD (P2)

 

VII

 

 

JUMLAH

10

 

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

SMT

1

4UG0115

Skripsi

4

VIII

2

4UG0116

KKN

4

VIII

 

 

Jumlah

8