Pendidikan Guru -Pendidikan Aanak Usia Dini (PG – PAUD)
Sejarah
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) adalah Program Studi yang berada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Prodi PG-PAUD resmi beroperasi berdasarkan izin Operasional yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 389/E/O/2013.
Prodi PG-PAUD pertama kali bergabung dengan Fakultas Sastra UIM 2013, namun karena keinginan pimpinan untuk lebih mengoptimalkan ilmu keguruan dan pendidikan maka pimpinan Universitas dan yayasan memisahkan dengan membentuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM (FKIP UIM) Melalui surat keputusan yayasan Perguruan Tinggi Al Gazali Makassar nomor: 083/YPT AG/SKep/XII/2014 Tanggal 8 Desember 2014.
Akhirnya pada tanggal 8 Desember 2014 resmi berada dalam naungan FKIP UIM. Ketua Prodi PG-PAUD dibawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini dijabat oleh Dr. Hj. Herlina, M.Pd. pada tahun 2014. Pada tahun 2016 kembali diadakan rotasi oleh Pimpinan Fakultas dan Dr. Hj. Herlina , M.Pd diberi amanah sebagai Wakil dekan III bidang kemahasiswaan dan Sebagai Ketua Prodi PG-PAUD diamanahkan kepada Nasaruddin , S.Pd.,M.Pd. sampai saat ini. Prodi PG-PAUD sangat mendukung aktifitas kemahasiswaan serta Kegiatan Tri Darma Pergurua Tinggi. Kegiatan Tenaga Pengajar dalam rangka pemenuhan dan peningkatan SDM Tenaga Pengajar di lingkup program studi. Peningkatan SDM untuk lanjut studi program baik di wilayah dalam negeri maupun luar negeri.
Program Studi PG-PAUD FKIP UIM saat ini telah memperoleh akreditasi B. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 2402/SK/BAN-PT/Akred/ S/VII/2019 tertanggal 16 Juli 2019. Akreditasi tersebut berlaku selama lima tahun (2024).
Visi
“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang terkemuka, unggul, profesional, dan berkarakter Islam Ahlusunna Wal Jamaah Annahdliyah pada tahun 2029 di Indonesia Timur”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkarakter Islam Ahlusunnah Waljamaah Annahdiyah.
- Melaksanakan dan meningkatkan penelitian secara berkualitas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan stakeholders.
- Melaksanakan dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara unggul sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama internal dan eksternal dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan pada ilmu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkarakter Islam Ahlusunnah Wal Jamaah Annahdiyah sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan penelitian secara berkualitas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara unggul sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan kerjasama internal dan eksternal dalam menunjang pengembangan ilmu Pendidikan Anak Usia Dini
Prospek Luluasan
Profil |
Deskripsi Profil |
Tenaga Pendidik
|
Mampu menjadi tenaga pendidik yang kreatif, inovatif, yang mmendidik dengan penguasaan materi PAUD yang baik, memiiki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk megikuti perkembangan PAUD dan pembelajarannya, sehingga menjadi pendidik yang professional dan mampu mengembankna keprofesionalannya secara berkelanjutan. |
Edupreuner PAUD |
1. Pengembang alat penunjang pembelajaran bagi anak usia dini (seperti Alat Permainan Edukatif (APE), Media Pembelajaran, Gerak Tari, Musik dan Teknologi Informasi). 2. Pengembang instrumen deteksi tumbuh kembang anak usia dini. 3. Penyedia jasa layanan peningkatan mutu Guru/pendidik anak usia dini serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan usaha di bidang anak usia dini. |
Peneliti |
Mampu Berperan Aktif untuk mengembangkan keilmuan dan praktik pembelajaran PAUD melalui penelitian serta mampu menemukan dan menganalisis topic permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini, menguasai prinsip prinsip metode penelitian, menerapkan prinsip tersebut dalam penelitian sefrta melaporkan dan mempublikasikan peneitian . |
Pengelola PAUD |
Pengelola PAUD yang memiliki kompetensi yang mendukung dalam menyelenggarakan, mengelola, dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini (Taman Kanak-Kanak, RA, Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak/Day Care, dan satuan PAUD sejenis). |
Psikolog Anak |
1. Mampu merancang program PAUD dan menjadi penyelenggara program AUD yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan psikologi AUD yang dialami komunitas melalui kerjasama dengan pihak-pihak lainnya yang terkait dengan tujuan komunitas. 2. Praktisi dalam bidang Psikologi AUD Komunitas yang mampu merancang sarana multimedia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana utama dan/atau pendukung program kesehatan dan kesehatan mental komunitas.
|
NO |
NAMA |
NIDN/NIDK |
TGL LAHIR |
JAB. |
GELAR |
PT ASAL |
BIDANG KEAHLIAN |
1 |
Hasbi Lambe |
8813570018 |
31/12/1961 |
Lektor |
S.Pd |
Unismuh Makassar |
Pend. Bahasa Indonesia |
M.Pd. |
Univ. Negeri Makassar |
Manajemen Pend. |
|||||
Dr |
Univ. Negeri Makassar |
Ilmu Pend. |
|||||
2 |
Endang Ruswiyani |
0910075701 |
10/07/1957 |
Lektor |
Drs |
S.1 Univ. Nusantara Bandung |
Pend. Bahasa Inggris |
M.P.d |
S.2 UNM Makassar |
Pend. Anak Usia dini |
|||||
3 |
Nasaruddin |
0918088604 |
18/08/1986 |
Asisten Ahli |
S.Pd. |
Univ. Negeri Makassar |
Pend. Bahasa Jerman |
M.Pd. |
S.2 Univ. Negeri Makassar |
Pend. Anak Usia dini |
|||||
4 |
Abd Hakim Naba |
0915057906 |
15/05/1979 |
Asisten Ahli |
S.Pd. |
Univ. Negeri Makassar |
Pend. Bahasa Jerman |
M.Pd. |
S.2 Univ. Negeri Makassar |
Pend. Anak Usia dini |
|||||
5 |
Ashar |
0915088304 |
15/08/1983 |
Asisten Ahli |
S.Pd. |
Univ. Negeri Makassar |
Pend. Teknik Otomotif |
M.Pd. |
S.2 Univ. Negeri Mks |
Pend. Anak Usia dini |
|||||
6 |
Sadaruddin |
0915068002 |
15/06/1980 |
Asisten Ahli |
S.Pd. |
S.1 Univ. Negeri Makassar |
Pend. Teknik Otomotif |
M.Pd. |
S.2 Univ. Negeri Makassar |
Pend. Anak Usia dini |
|||||
7 |
A. Resky Nurdihayah |
0904048701 |
04/04/1987 |
Asisten Ahli |
S.Pd. |
S.1 Univ. Negeri Makassar |
Pend. Kimia |
M.Pd. |
S.2 Univ. Negeri Makassar |
Pend. Anak Usia dini |
|||||
8 |
Riskal Fitri |
0929128903 |
29/12/1989 |
Asisten Ahli |
S.Pd. |
S.1 Unismuh Makassar |
Pend. Guru Sekolah Dasar |
M.Pd. |
S.2 Univ. Negeri Makassar |
Pend. Anak Usia dini |
|||||
9 |
Triani Arfah |
0911018406 |
11/01/1984 |
Asisten Ahli |
S.Psi |
S.1 Univ. Padjajaran |
Psikologi |
M.PSi |
S.2 Univ. Padjajaran |
Psikologi |
|||||
10 |
Andi Besse Marda |
99092612 |
26/02/1944 |
Tenaga Pengajar |
Dra |
S.1 IKIP Ujung Pandang |
Pend. Anak Usia DIni |
M.Pd. |
S2. Univ. Negeri Makassar |
Pend. Anak Usia Dini |
Kurikulum
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SMS |
1 |
2UG0101 |
Pendidikan Agama Islam |
2 |
I |
2 |
2UG0102 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
I |
3 |
2UG0103 |
Bahasa Indonesia |
2 |
I |
4 |
2UG0105 |
Bahasa Ingris |
2 |
I |
5 |
2UG0106 |
Ilmu Alamiah Dasar |
2 |
I |
6 |
1UG0112 |
Ko-Kurikuler |
1 |
I |
7 |
2FG0201 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
I |
8 |
2FG0204 |
Pengantar Pendidikan |
2 |
I |
9 |
2GP0401 |
Konsep Dasar AUD |
3 |
I |
10 |
3GP0402 |
Pendidikan dan Pengasuhan Anak |
3 |
I |
11 |
3GP0403 |
Bermain dan Permainan |
3 |
I |
|
|
|
24 |
|
1 |
2UG0104 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
II |
2 |
1UG0107 |
Pendidikan Al Quran |
1 |
II |
3 |
2FG0202 |
Komunikasi Pendidikan |
2 |
II |
4 |
2GP0404 |
Pertumbuhan & Perkembangan UD |
2 |
II |
5 |
3GP0405 |
Teknologi Informasi & Komunikasi |
3 |
II |
6 |
2GP0406 |
Pendidikan & Kesehatan Gizi |
2 |
II |
7 |
2GP0407 |
Pembelajaran Seni Musik |
2 |
II |
8 |
2FG0406 |
Profesi Keguruan |
2 |
II |
9 |
2GP0415 |
Wawasan Kebangsaan |
2 |
II |
10 |
2FG1201 |
Bahasa Arab |
2 |
II |
11 |
2GP0413 |
Strategi Pembelajaran AUD |
2 |
II |
|
|
JUMLAH |
22 |
|
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SMS |
1 |
3FG0203 |
Belajar dan Pembelajaran |
3 |
III |
2 |
2FG1202 |
Sosiologi Pendidikan |
2 |
III |
3 |
2GP0408 |
Pengembangan Perangkat pembelajaran |
3 |
III |
4 |
3GP0409 |
Media Pembelajaran AUD |
3 |
III |
5 |
2GP0410 |
Perkembangan Kognitif |
2 |
III |
6 |
3GP0411 |
Pembelajaran Sains AUD |
3 |
III |
7 |
3GP0412 |
Pembelajaran Sosio Emosional AUD |
3 |
III |
8 |
2GP0414 |
Magang I |
2 |
III |
9 |
1UG0108 |
Aswaja I |
1 |
III |
10 |
3FG0203 |
Psikologi Perkembangan AUD |
2 |
III |
|
|
Jumlah |
23 |
|
|
||||
1 |
2GP0423 |
Pengembangan APE |
3 |
IV |
2 |
2GP0424 |
Pembelajaran Seni Gerak & Lagu |
2 |
IV |
3 |
1UG0110 |
Aswaja III |
1 |
IV |
4 |
3GP0428 |
Assesmen AUD |
3 |
IV |
5 |
3GP0429 |
Supervisi & Evaluasi PAUD |
3 |
IV |
6 |
3GP0430 |
Problematika PAUD |
3 |
IV |
7 |
3GP0434 |
Metodologi Penelitian |
3 |
IV |
8 |
3GP0432 |
Mendongeng/Storytelling |
3 |
IV |
9 |
2GP0444 |
Bahasa Inggris untuk AUD |
2 |
IV |
|
|
JUMLAH |
24 |
|
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SMS |
1 |
2GP0423 |
Pengembangan APE |
3 |
V |
2 |
2GP0424 |
Pembelajaran Seni Gerak & Lagu |
2 |
V |
3 |
1UG0110 |
Aswaja III |
1 |
V |
4 |
3GP0428 |
Assesmen AUD |
3 |
V |
5 |
3GP0429 |
Supervisi & Evaluasi PAUD |
3 |
V |
6 |
3GP0430 |
Problematika PAUD |
3 |
V |
7 |
3GP0434 |
Metodologi Penelitian |
3 |
V |
8 |
3GP0432 |
Mendongeng/Storytelling |
3 |
V |
9 |
2GP0444 |
Bahasa Inggris untuk AUD |
2 |
V |
|
|
JUMLAH |
23 |
|
1 |
3GP0442 |
Analisis dan Perancangan Fasilitas AUD |
3 |
VI |
2 |
2UG0111 |
Studi Integrasi Ilmu Alquran |
2 |
VI |
3 |
3GP0431 |
Pengembangan Media Berbasis IT |
3 |
VI |
4 |
2GP0433 |
Perkembangan Karier AUD |
2 |
VI |
5 |
3GP0436 |
Karya Tulis Ilmiah (KTI) |
3 |
VI |
6 |
3GP0438 |
Kreativitas AUD |
3 |
VI |
7 |
3GP0443 |
Kegiatan Belajar Mengajar |
3 |
VI |
8 |
2GP1401 |
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (P1) 2 |
2 |
VI |
9 |
2GP2401 |
Pelibatan Orang Tua Dalam PAUD(P2) 2 |
2 |
VI |
10 |
3GP1402 |
Tumbuh Kembang AUD (P1) 3 |
3 |
VI |
11 |
3GP2402 |
Penyelenggaraan Program Lembaga PAUD (P2) 3 |
3 |
VI |
|
|
JUMLAH |
24 |
|
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
SMT |
1 |
3FG0205 |
Magang Pendidikan |
3 |
VII |
2 |
2UG0113 |
Kewirausahaan |
2 |
VII |
3 |
2UG0114 |
Seminar Proposal |
1 |
VII |
4 |
2GP1403 |
Pendidikan Inklusi (P1) |
2 |
VII |
5 |
2GP1404 |
Kebijakan PAUD (P1) |
|
VII |
6 |
2GP2403 |
Pembelajaran luar Sekolah (P2) |
2 |
VII |
7 |
2GP2403 |
Manajemen Lembaga PAUD (P2) |
|
VII |
|
|
JUMLAH |
10 |
|
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
SMT |
1 |
4UG0115 |
Skripsi |
4 |
VIII |
2 |
4UG0116 |
KKN |
4 |
VIII |
|
|
Jumlah |
8 |
|