“Memacu High Order Thinking skill Melalui Reading Report”

Di tengah semangat belajar yang tinggi, mahasiswa Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra Universitas Islam Makassar (FKIPS UIM) menggelar kegiatan Ujian Tengah Semester dengan penuh antusiasme. Kegiatan ini, yang diadakan dalam mata kuliah Basic Reading dan dipandu oleh Dosen Pengampu Sitti Nurjannah, S.Pd., M.Pd., mengusung tema “Reading Report” yang inovatif.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terlibat aktif dalam kegiatan ini, menunjukkan keterlibatan yang tinggi pada mata kuliah Basic Reading. Dalam presentasi mereka, mahasiswa menerapkan strategi Directed Reading and Thinking Activity (DRTA) dengan langkah-langkah yang melibatkan prediksi (Predicting), membaca (Reading), membuktikan (Proving), dan penalaran (Reasoning).

Langkah pertama dari strategi ini adalah tahap Predicting, di mana mahasiswa menganalisis topik yang diberikan untuk memberikan prediksi tentang inti dari bacaan yang akan mereka temui. Tahap selanjutnya, Reading, melibatkan pencocokan hasil prediksi dengan bacaan sebenarnya, mengaktifkan pengetahuan awal mahasiswa dan merangsang proses berpikir kritis.

Proses berlanjut ke tahap Proving, di mana mahasiswa mendiskusikan hasil bacaan mereka, mengevaluasi akurasi prediksi awal, dan merespons informasi yang diterima. Tahap terakhir, Reasoning, memungkinkan mahasiswa menalar informasi secara terperinci, serta menyimpulkan hasil bacaan mereka dengan alasan yang akurat.

Mujahidah Adawiah dan Nur Afifih mahasiswa senior yang memandu kegiatan ini, berhasil mengelola acara dengan sangat baik, memastikan mahasiswa menampilkan performa yang memuaskan sesuai dengan usaha dan kerja keras mereka. Masuji Ayumi, peraih skor tertinggi dalam projek mid semester, menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan tantangan yang berharga, terutama dalam persiapan untuk berbicara di depan umum menggunakan Bahasa Inggris.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Jusmaniar N, S.Pd., M.Pd., menyambut positif keberhasilan kegiatan ini. Beliau berharap agar dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terus berinovasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. “Dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kualitas keilmuan mereka, memperoleh pengalaman belajar yang berharga, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta analisis informasi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Jusmaniar.

Sitti Nurjannah, S.Pd., M.Pd., dalam wawancaranya menyampaikan bahwa “Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang ujian tengah semester, tetapi juga sebuah wadah pembelajaran yang membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan berbahasa dan berpikir kritis, memperkaya pengalaman belajar mereka di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIPS UIM.

Leave a Comment