FKIP NEWS – Talkshow FKIPS dan Kompasiana tentang Tema Budaya Sulawesi Selatan dalam Cerpen

FKIPS bekerja sama dengan beberapa komunitas cerpen dan plafrom Kompasiana mengadakan Talkshow Penulisan Cerpen Bertema Kebudayaan Sulawesi Selatan di Ruang Rapat Lantai 3 Rektorat Universitas Islam Makassar (UIM). Talkshow tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3 Rektorat Universitas Islam Makassar yang dihadiri oleh Mahasiswa UIM, Mahasiswa Unhas dan Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang sedang melakukan pertukaran di UIM, Senin, 9 Oktober 2023.

Pada kegiatan talkshow tersebut mengangkat topik perihal Kebudayaan Sulawesi Selatan. Para Narasumber dalam kegiatan talkshow ini Dr. Sri Nur Aminah Ngatimin, S.P.,M.Si. Dosen Fakultas Pertanian Unhas, sekaligus Penulis beberapa buku dan aktif menulis cerpen di media digital. Lalu Narasumber kedua Andi Samsu Rijal, S.S., M.Hum, Ketua Program Studi Sastra Inggris FKIPS dan juga penulis cerpen di beberapa media dan beberapa buku karya sastra. Kegiatan ini ini dimoderatori oleh Y. Edward Horas S, peraih Karya Fiksi Terbaik Kompasiana dan juga Staf Kemenkeu RI.

Kegiatan Talkshow ini dibuka oleh Dekan FKIPS UIM Dr. Mulyadi, M.Pd. Dalam sambutannya “beliau menyampaikan dan mengajak mahasiswa untuk terus belajar menjadi penulis dalam hal ini penulisan karya sastra yaitu cerpen, salah satu upaya tersebut misalnya dengan bergabung dan belajar bersama komunitas cerpen Kompasiana, yang salah satu inisitornya adalah Andi Samsu Rijal, dosen Program Studi Sastra Inggris FKIPS. Jika ingin dikenang sepanjang hayat harus buat karya, sebab gajah mati meninggalkan gading, manusia meninggkan karya”. Tutupnya.

Mengajak mahasiswa untuk menjadi penulis cerpen dan bergabung bersama komunitas cerpen Indonesia Kegiatan talkshow Penulisan Cerpen yang bertema Kebudayaan Lokal Sulawsi Selatan, kegiatan Talkshow yang diinisiasi oleh Program Studi Sastra Inggris, FKIPS bekerja sama dengan beberapa komunitas cerpen dan plafrom Kompasiana.

Andi Samsu Rijal, S.S., M.Hum. menyampaikan dalam pemamparan materinya bahwa cerpen sebagai bagian dari karya sastra dapat membangun karakter bangsa. Tak sedikit pengarang memunculkan asspek budaya di antaranya adat istiadat, kesenian, rumah adat, bahasa dan sejenisnya. Sementara Narasumber kedua, Dr. Sri Nur Aminah Ngatimin, S.P.,M.Si., lebih mengedepakan aspek-aspek teknis dalam penulisan cerpen dan peluang-peluang tulisan dapat diterbitkan.

Kegiatan ini akan menginspirasi generasi muda untuk terus menggali kekayaan budaya Sulawesi Selatan melalui kata-kata dan melahirkan karya-karya sastra yang membanggakan. Terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam acara ini, dan semoga semangat menulis dan mencintai budaya terus berkembang di kalangan mahasiswa.

Leave a Comment